Instalasi GNU/Linux Kali Windows Subsystem

Instalasi GNU/Linux Kali Windows Subsystem

Awalnya kawan sempat menyampaikan bahwa GNU/Linux Ubuntu sekarang sudah ada di Windows dalam bentuk Windows Subsystem. Saya pada saat itu masih belum begitu “ngeh” dan tertarik. Bukan karena saya tidak suka menggunakan GNU/Linux tapi saya masih skeptis (sampai sekarang juga sama :D) untuk sebuah perusahaan sekelas Microsoft membuat GNU/Linux pada sistem Windowsnya. Okelah saya tidak sepantasnya ikut masuk ke dalam debat yang seperti ini. Karena memang juga tidak ada waktu untuk oprek maka saya coba lihat hasil installasi GNU/Linux Ubuntu punya teman dan saya cuma komentar, “oh”, hahahha. Kejadian itu sudah lama mungkin beberapa bulan yang lalu.

Dua hari yang lalu salah seorang advisor riset saya menanyakan kepada saya apakah sudah pernah mencoba GNU/Linux yang ada di Windows. Saya kepikiran wah ini kan yang dulu pernah disampaikan oleh kawan saya. Kalau beliau sudah menyinggung itu biasanya ada hal yang menarik. Maka saya hari ini mencoba untuk mencari tahu sekeren apa seh. Background saya teknis sehingga kalau sudah ada yang membuat tertarik maka tangan saya harus “kotor” untuk mencobanya, hahaha.

Silakan duckduckgo sendiri bagaimana cara aktivasi yang dilakukan. Saya iseng cek apakah ada versi selain GNU/Linux Ubuntu ?. Wah ternyata ada yang keren “Kali” juga ada !. Ya sudahlah saya coba instal GNU/Linux Kali dan ingin tahu seperti apa kelebihannya. Saya yakin semua instalasi sama saja dan sudah banyak berserakan caranya. Oh ya environment saya menggunakan Microsoft Windows 10. Kalau ingin tahu lebih lanjut berikut adalah langkah selanjutnya:

1. Buka powershell dengan hak akses sebagai Administrator
2. Ketikkan (tanpa petik) “Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux”. Contoh pada Gambar 1 berikut ini. Biarkan berproses sampai selesai.


Gambar 1. Enable Windows feature

3. Setelah itu langkah selanjutnya adalah memilih subsystem yang akan kita install. Selain GNU/Linux Ubuntu dan GNU/Linux Kali, ada juga GNU/Linux OpenSuse dan lainnya. Cek di Windows Store dan ketikkan “Kali Linux” di kelompok Apps. Gambar 2 dibawah ini contohnya. Pilih “Get” untuk menginstallnya. Biarkan tunggu sampai selesai mendownload.


Gambar 2. Installasi GNU/Linux Kali

4. Setelah proses nanti akan muncul warna command prompt meminta buat username dan password. Ingat username dan password yang ada tidak harus sama dengan username dan password yang anda buat untuk login ke Windows 10. Dan saya sarankan lebih baik benar-benar berbeda. Contoh Gambar 3 dibawah ini untuk lebih detil.


Gambar 3. Isi username dan password

5. Sampai disini proses instalasi telah selesai dan kita bisa mencoba lebih lanjut. Ada yang menarik dari GNU/Linux Kali atau apapun versinya di Windows Subsystem. Proses instalasi paket seperti APT untuk turunan GNU/Linux Debian atau Portage GNU/Linux Gentoo semuanya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *