Kesalahan Konfigurasi dalam Pemasangan Nextcloud

Kesalahan konfigurasi dalam pemasangan Nextcloud akan membahas beberapa poin yang terjadi pada komputer server sehingga menyebabkan Nextcloud tidak jalan dengan baik. Kesalahan bisa terjadi pada konfigurasi yang keliru, tidak bisa sinkronisasi berkas yang besar dan lain sebagainya. Disini saya hanya akan menyampaikan beberapa dan akan diupdate secara berkala jika menemukan kesalahan yang lain.

1. Tidak Bisa Sinkronisasi Berkas Besar

Untuk permasalahan seperti ini, biasanya muncul pesan kesalahan pada sisi Nextcloud klien yang ada pada komputer kita dengan kode kesalahan “413 request entity too large”. Tidak perlu terlalu pusing dengan kodenya dan bahasanya. Jika ingin cepat bisa langsung duckduckgo.com dan salin tempel saja kata diatas. Jika ingin tahu sebenarnya kesalahan terjadi pada konfigurasi web server kita.

Web server kita terutama nginx web server biasanya membutuhkan sebuah parameter khusus yakni client_max_body_size. Silakan pasang parameter tersebut pada lingkup server ataupun http pada konfigurasi nginx.conf. Konfigurasi saya pasang client_max_body_size 10G. Jangan lupa akhiri dengan semicolon (titik koma) pada tiap akhir parameter.

Terkadang hal ini masih tidak berpengaruh ketika kita sudah mengubahnya. Ternyata konfigurasi yang kita ubah adalah pada sisi lokal dari nginx. Hal ini saya alami ketika saya telah memiliki dua buah nginx server. Nginx server pertama bertindak sebagai web server utama yang melayani keseluruhan dari layanan yang saya miliki seperti ghost (http://qudori.web.id) dan lain sebagainya. Sementara nginx server lokal bertindak sebagai kontainer tersendiri yang hanya khusus melayani Nextcloud (reverse side proxy). Silakan tambahkan pada kedua web server tersebut dan restart kembali kontainer anda (jika menggunakan kontainer).

2. Nextcloud tidak bisa diakses pada komputer kita

Hal ini terjadi biasanya pada konfigurasi trusted_domains. Cek berkas konfigurasi Nextcloud pada direktori config/config.php. Aturan penulisan pada trusted_domains juga sangat penting untuk diketahui. Silakan merujuk pada config/config.sample.php.

3. Login ke dalam sistem Nextcloud sangat lambat

Masih pada konfigurasi yang sama yakni config/config.php. Silakan tambahkan parameter berikut ini: ‘auth.bruteforce.protection.enabled’ => false, Hal ini sebenarnya dikarenakan Nextcloud berusaha untuk mencegah terjadinya bruteforce pada sistem sehingga secara otomatis akan melakukan pengecekan.

Demikian tiga hal yang saya temukan pada konfigurasi dan pemasangan Nextcloud dengan menggunakan docker. Konfigurasi Nextcloud cenderung gampang-gampang susah terlebih lagi apabila kita memasang Nextcloud pada GNU/Linux Ubuntu dan keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *