Mengenal AppGyver – Bagian 2

Mengenal AppGyver – Bagian 2
1. Pendahuluan
Setelah dijelaskan pengenalan awal keunggulan dari AppGyver maka selanjutnya akan coba saya jelaskan bagaimana AppGyver ini berjalan. Installasi apa saja yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan baik. Sebelum masuk ke dalam apa saja yang dibutuhkan prinsip dari AppGyver sangat memudahkan dapat dilihat cara kerjanya seperti pada Gambar 1 berikut:
workflow appgyver
Maka tidak heran dalam videonya disebutkan dengan waktu 4 menit dapat menghasilkan aplikasi yang siap pakai. Secara umum beberapa hal yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan AppGyver hanya dua hal yakni Laptop / PC yang terhubung dalam jaringan dan satu lagi adalah handheld anda. Laptop / PC harus terhubung pada satu buah jaringan WLAN karena handheld dibutuhkan untuk testing aplikasi yang telah dibuat di laptop kita.
2. Kebutuhan Pengembangan
Dikarenakan saya koneksi internet dengan menggunakan handheld (tethering) maka dibutuhkan dua handheld dan satu laptop. Posisi ketika melakukan percobaan ialah seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 berikut ini.
kebutuhan pengembangan
Percobaan menggunakan dua buah handheld Android. Satu buah handheld digunakan untuk tethering koneksi ke internet adapun satu lagi digunakan untuk testing aplikasi yang telah dibuat pada laptop. Saat percobaan saya menggunakan Samsung Galaxy Grand Duos untuk tethering kemudian Samsung Galaxy Tab 2 7 digunakan untuk testing dan laptop Sony Vaio Intel Core i5 dengan sistem operasi Windows 8 64 bit digunakan untuk installasi AppGyver Steroids. Sekali lagi kita tidak harus menggunakan dua buah handheld akan tetapi satu sudah cukup dengan catatan terkoneksi pada satu buah jaringan WLAN.
3. Installasi Kebutuhan Paket Software
Pada laptop kita yang telah terkoneksi internet kita buat akun AppGyver dan installkan beberapa software pendukung dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buat terlebih dahulu akun AppGyver pada alamat free AppGyver akun
  2. Install program Git yang dapat diambil pada alamat git ini. Jangan lupa ketika installasi untuk memilih “Use Git from Windows Command Prompt” .
  3. Install program Python versi 2.7 keatas. Untuk python dapat diambil pada link ini. Perhatikan dalam memilih versi 32 bit atau 64 bit.
  4. Install program node.js dan npm. Untuk node dapat diambil pada link berikut ini node.js. Perhatikan baik-baik dalam memilih antara versi 32 bit dengan 64 bit. Laptop yang sudah support 64 bit dan sudah terinstall sistem operasi 64 bit disarankan ambil node.js dan npm yang versi 64 bit. Adapun untuk npm dapat didownload pada link npm. Pilih versi yang terbaru. Taruh npm pada satu buah folder bersamaan dengan node.exe. Pastikan node.exe dan npm.cmd berada pada PATH yang dapat diakses oleh command prompt. Jika belum silahkan taruh pada PATH pada Environtment Variables. Untuk installasi AppGyver Steroids selanjutnya ialah dengan menggunakan perintah npm.cmd.
  5. Install AppGyver Steroids dengan mengetikkan perintah
    npm.cmd install steroids -g.
 Setelah selesai paket-paket software pendukung terinstall bersamaan dengan steroids maka langkah selanjutnya ialah lakukan login dengan mengetikkan steroids.cmd login pada command prompt. Selamat mencoba

No Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal AppGyver - Bagian 3 - Andrey FerriyanAndrey Ferriyan - […] Sebelumnya kita telah menjelaskan apa itu AppGyver dan sudah pula dijelaskan bagaimana melakukan installasi AppGyver Steroids. Selanjutnya pada bagian ketiga ini kita…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *