Mengenal AppGyver – Bagian 3

Mengenal AppGyver – Bagian 3
1. Pendahuluan
Sebelumnya kita telah menjelaskan apa itu AppGyver dan sudah pula dijelaskan bagaimana melakukan installasi AppGyver Steroids. Selanjutnya pada bagian ketiga ini kita akan langsung mencoba bagaimana membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan AppGyver. Semoga dengan penjelasan ini akan dapat lebih memudahkan kita dalam mengembangkan sebuah aplikasi multiplatform dengan AppGyver.
2. Langkah-langkah
Pastikan steroids telah terinstall. Kita akan coba buat aplikasi sederhana terlebih dahulu. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Buat project terlebih dahulu dengan mengetikkan pada command prompt sebagai berikut.
D:\tmp\> steroids create proyekbaru
Gambar 1 akan lebih menjelaskan secara detil. Perlu diketahui laptop atau PC yang digunakan diharapkan dalam kondisi terkoneksi ke internet karena terkadang node.js membutuhkan beberapa paket tambahan untuk installasi.
gambar 1
gambar 2
gambar 3
Sampai tahap ini sebuah folder dengan nama proyekbaru (dengan beberapa file dan subfolder) telah terbentuk di D:\tmp\appgyver. Contoh dapat dilihat pada Gambar 2 sebagai berikut.
gambar 4
2. Setelah project dibuat langkah selanjutnya ialah memastikan berjalan dengan baik. Masuk ke dalam folder proyekbaru. Gambar 3 akan menjelaskan lebih detil.
gambar 5
Silahkan diperhatikan dengan seksama bahwa Gambar 3 sama dengan Gambar 2.
3. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba proyek yang telah kita buat pada handheld. Sekedar mengingatkan pada artikel Mengenal AppGyver – Bagian 2 telah dijelaskan dalam pengembangan dibutuhkan minimal satu buah handheld yang digunakan untuk testing aplikasi yang telah dibuat. Untuk melakukan testing pada handheld khusus Android maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang perlu diinstall melalui Play Store. Silahkan download AppGyver Scanner untuk Android atau AppGyver Scanner untuk iOS. Gambar 4 akan menunjukkan tampilan dari AppGyver Scanner untuk Android.
gambar 6
Perlu diperhatikan bahwa handheld yang kita miliki harus terkoneksi pada WLAN yang sama dengan PC atau laptop kita.
4. Setelah AppGyver Scanner untuk Android terinstall buka kembali command prompt dan masuk ke dalam direktori proyek yang telah kita buat. Lakukan perintah berikut:
steroids.cmd connect
Gambar 5 dapat menjelaskan lebih detil.
gambar 7
gambar 8
gambar 9
5. Setelah steroids.cmd connect telah dieksekusi maka proses akan berjalan hingga memunculkan tampilan QR Code. Lakukan scan QR Code dengan menggunakan handheld yang telah terinstall AppGyver Scanner untuk android. Hasil scan akan muncul pada handheld seperti pada Gambar 6 berikut.
gambar 10
Selamat mencoba semoga berhasil.

1 Comment

  1. Bagi yang menemukan error pada saat menjalankan steroids.cmd connect pada sistem operasi Windows 8 silahkan merujuk pada artikel saya berikut http://andrey.web.id/blog/2014/03/16/error-appgyver-steroids/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *