Mengenal Portage Pada GNU/Linux Gentoo

Mengenal Portage Pada GNU/Linux Gentoo

Portage sebagaimana dengan apt-get ataupun yum merupakan salah satu paket manajemen sistem pada GNU/Linux Gentoo. Konsep dari Portage sebenarnya dibangun dari Ports pada sistem operasi FreeBSD. Berbeda dengan sistem operasi GNU/Linux yang lain pada manajemen paketnya, Portage menawarkan sebuah fleksibilitas dan tingkat optimal dari sistem operasi yang dibangun.

Pada salah satu paket manajemen seperti yum atau apt-get yang menginstall binary dari sebuah program ke dalam sistem operasi, untuk Portage, mereka tidaklah menginstall binary tersebut akan tetapi mengkompilasi terlebih dahulu source yang di download kemudian setelah itu baru diinstall ke dalam sistem operasi. Hal ini mirip dengan konsep dari Ports pada FreeBSD.

Apa keunggulan dari Portage ?. Bagi saya keunggulan yang terpenting yang mungkin tidak ditawarkan oleh sistem operasi GNU/Linux yang lain adalah permasalahan kecepatan dan tingkat optimal dari sebuah sistem operasi. Sebagai contoh analogi yang mudah ialah apabila kita memiliki spesifikasi komputer sekelas 64 bit akan tetapi kita menginstall sistem operasi yang 32 bit pada komputer itu maka hal ini menjadi tidak optimal. Karena kita tidak bisa memanfaatkan kemampuan dari komputer tersebut secara optimal. Disinilah menurut saya keunggulan dari Portage yang pernah saya gunakan. Untuk keunggulan lain ialah sifat dari Portage yang paralel dalam melakukan installasi paket data yang akan kita install. Tentunya hal ini akan mempercepat proses kompilasi.

Jika bicara tentang keunggulan tentunya ada juga yang namanya kekurangan. Karena sifat dari portage ini adalah kompilasi kemudian baru installasi maka kecepatan dan hasil yang optimal ditentukan minimal dari dua aspek. Pertama dari aspek hardware komputer kita kemudian yang kedua adalah aspek konfigurasi yang kita terapkan. Jika hardware kita merupakan hardware kelas high-end akan tetapi kita malas untuk konfigurasi optimal maka hal ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi bagi yang memiliki hardware low-end perlu berfikir kembali walaupun hal ini tidak mutlak tidak boleh. Jika kecepatan yang kita cari maka gunakan hardware yang menjadi rekomendasi dari GNU/Linux Gentoo.

Selanjutnya konektivitas pada jaringan internet menjadi hal yang menurut saya mutlak diperlukan. Sifat ini memang sangat mirip dengan Ports yakni kebutuhan akan dependency dari sebuah perangkat lunak akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perangkat lunak kita install. Terlebih lagi dependency-dependency yang ada semuanya juga mengharuskan untuk download online.

Untuk mengetahui secara teknis lebih lanjut dari Portage dapat merujuk langsung pada situsnya di http://devmanual.gentoo.org.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. My Journey for Operating System | Andrey Ferriyan - […] then before I choose FreeBSD as my favourite operating system for server and Ubuntu for my desktop, Gentoo become…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *