Sinkronisasi Nextcloud Server dengan Klien

Sinkronisasi Nextcloud server dengan klien akan menjelaskan beberapa hal untuk mempermudah berbagi berkas. Setelah sebelumnya memahami bagaimana melakukan integrasi nextcloud dan konfigurasi nextcloud, maka artikel ini akan menjelaskan bagaimana menghubungkan aplikasi klien Nextcloud komputer kita dengan Nextcloud server.

Artikel-artikel sebelumnya menjelaskan bagaimana konfigurasi Nextcloud yang ada pada server, maka artikel ini lebih pada bagaimana melakukan sinkronisasi nextcloud pada sisi klien. Silakan pasang terlebih dahulu aplikasi klien yang ada di link berikut. Nextcloud klien mendukung tiga platform yakni MacOS, Windows, dan GNU/Linux. Contoh berikut akan saya jelaskan melalui Windows. Unduh dan pasang terlebih dahulu. Setelah aplikasi klien Nextcloud terpasang selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut.

Ini adalah langkah selanjutnya untuk menghubungkan aplikasi Nextcloud klien pada Nextcloud server. Pilih Log in dan lanjutkan dengan memasukkan nama user dan kata kunci kita pada Nextcloud server. Akan muncul Grant Access dan lanjutkan.

Setelah memberikan hak akses selanjutnya kita sudah berhasil untuk melakukan sinkronisasi antara komputer kita dengan Nextcloud server. Alangkah baiknya menaruh folder untuk sinkronisasi pada folder dengan kapasitas hard disk yang cukup besar. Nextcloud bisa melakukan tugasnya untuk berkas-berkas yang besar.

Untuk mengupload dan mengunduh berkas yang besar diperlukan konfigurasi khusus pada Nextcloud server. Pembahasan bagaimana agar upload berkas yang besar akan dijelaskan pada artikel selanjutnya. Jika kita ingin mengetahui apakah berkas yang kita taruh pada folder sudah terupload dengan baik pada server dapat dicek secara manual via web. Pada artikel sebelumnya kita dapat akses via localhost dengan mengakses http://localhost:8080 sedangkan jika kita telah memiliki domain dan publik IP dapat langsung mengakses sendiri. Kita bisa coba sendiri untuk upload atau mengecek tiap-tiap folder.

Salah satu keuntungan Nextcloud adalah tidak ada batasan kapasitas. Silakan baca kembali artikel saya di awal kenapa beralih dari Dropbox ke Nextcloud. Yang membatasi hanyalah besar kecilnya koneksi dan bagaimana kita melakukan konfigurasi. Hal teknis bisa dipelajari lebih lanjut dengan pada dokumentasi Nextcloud. Di awal pemasangan Nextcloud server kita akan diminta untuk membuat satu buah akun yang memiliki hak administrator. Untuk itu disarankan untuk membuat satu buah akun yang memiliki hak akses sebatas user biasa saja. Hal ini untuk mengurangi adanya potensi celah keamanan.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *