Memasang Nextcloud pada GNU/Linux Lubuntu

Memasang Nextcloud pada GNU/Linux Lubuntu sebenarnya tergolong mudah. Pada artikel berikut akan saya terangkan secara singkat bagaimana caranya agar kita memiliki layanan berkas mandiri yang bisa kita pasang pada komputer server kita baik itu Windows, Mac ataupun GNU/Linux dan turunannya. Sebelum membaca lebih lanjut ada baiknya sahabat membaca artikel saya sebelumnya alasan saya beralih dari Dropbox ke Nextcloud.

Contoh yang akan saya terangkan pada artikel berikut hanya seputar bagaimana memasang layanan server Nextcloud pada server yang berbasis GNU/Linux dalam hal ini Ubuntu dan turunannya. Bagi yang belum memasang sistem operasi GNU/Linux ada baiknya membaca terlebih dahulu apa itu GNU/Linux Lubuntu agar memudahkan dalam mengoperasikannya.

Untuk memasang layanan Nextcloud bisa dilakukan dengan beberapa cara. Layanan disini maksudnya adalah server yang memberikan fasilitas untuk menyimpan berkas. Karena Nextcloud sebagaimana dengan saudaranya yakni Owncloud memiliki dua buah aplikasi yakni server dan klien. Server bertindak sebagai layanan yang memberikan fasilitas bagi kita untuk menyimpan data. Adapun untuk menyimpannya pada layanan server, kita diharuskan memiliki aplikasi klien. Jadi perlu diperhatikan yang akan kita pasang pada komputer server GNU/Linux kita adalah layanan servernya. Untuk mengetahui lebih lanjut silakan cek laman berikut ini.

Saya akan membagi

Layanan pemasangan server Nextcloud dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  1. Snap
  2. Docker
  3. Kode sumber

Saya akan coba jelaskan satu per satu. Pertama adalah snap, ini adalah pilihan yang boleh dikatakan paling mudah diantara yang lainnya. Bagi kita yang menginginkan kemudahan silakan gunakan snap untuk memasang layanan Nextcloud. Snap adalah salah satu paket manajemen yang didukung oleh Canonical. Snap merupakan kembaran dari AppImage dan Flatpak. Untuk memasangnya cukup dengan perintah sebagai berikut.

$ sudo snap install nextcloud

Jangan lupa untuk menggunakan sudo. Sampai disini tinggal menunggu hingga proses pemasangan selesai. Tidak lama tergantung koneksi internet yang kita miliki. Jika ingin mengetahui lebih detil tentang snap ini bisa cek https://snapcraft.io/nextcloud.

Selanjutnya adalah pemasangan dengan menggunakan docker. Cara ini sedikit lebih sulit karena kita harus memiliki pemahaman dan dalam keadaan sudah ada docker pada komputer server kita. Untuk melakukan pemasangan dengan melakukan perintah dibawah ini (dengan asumsi docker kita sudah terpasang).

$ docker run -d -p 8080:80 nextcloud

Setelah perintah diatas dieksekusi maka docker akan melakukan proses mengunduh image nextcloud dengan menggunakan Apache Web Server. Jika semuanya tidak ada masalah dan kesalahan maka kita dapat langsung membuka alamat nextcloud kita di http://localhost pada browser.

Terakhir adalah cara melakukan pemasangan via kode sumber yang ada pada github. Bagi yang suka cara sedikit “ekstrem” dan suka untuk eksplorasi cara ketiga ini bisa ditempuh. Silakan unduh / clone terlebih dahulu berkas git yang ada pada github dengan cara berikut:

$ git clone https://github.com/nextcloud/server.git

Selanjutnya ikuti saja langkah-langkahnya pada laman https://github.com/nextcloud/server.

Sebagai informasi, saya tidak menggunakan cara ketiga karena jujur sudah tidak ada waktu dan kebutuhan saya sudah sangat mendesak. Cara yang saya tempuh adalah cara nomor dua dengan memanfaatkan docker. Melalui docker kita bisa integrasikan dan bisa diakses langsung. Selamat mencoba

2 thoughts on “Memasang Nextcloud pada GNU/Linux Lubuntu

  1. Pingback: Integrasi Nextcloud dengan Docker - Andrey FerriyanAndrey Ferriyan

  2. Pingback: Konfigurasi Nextcloud dan Pemasangan SSL - Andrey FerriyanAndrey Ferriyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *