Kecerdasan Bisnis Assignment 1

Pak Tarno adalah orang yang sangat suka dengan masakan Padang. Maka dia memutuskan membuka restoran Padang dengan nama “Tarno Padang Asli” yang menjual tiga menu sebagai berikut:

  1. Balado cumi
  2. Ikan goreng cabai hijau
  3. Daging rendang

Restoran ini telah menyimpan beberapa data dasar operasional akan tetapi masih belum tahu bagaimana menggunakan datanya untuk memperluas bisnis. Pak Tarno berkeinginan menggunakan data yang di dapat untuk menjawab pertanyaan simpel terutama, terkait pola kedatangan pelanggan, berapa banyak uang yang mereka belanjakan dan menu apa saja yang menjadi favorit. Dengan mengetahui hal ini diharapkan Pak Tarno dapat lebih dalam memahami pelanggan dan bisa memberikan servis lebih kepada pelanggan yang loyal.

Pak Tarno berencana menggunakan wawasan ini untuk membantunya memutuskan apakah dia harus memperluas program loyalitas pelanggan yang ada. Dia juga membutuhkan bantuan untuk menghasilkan beberapa kumpulan data dasar sehingga timnya dapat dengan mudah memeriksa data tanpa perlu menggunakan SQL. Pak Tarno telah memberi anda contoh data pelanggannya secara keseluruhan akan tetapi karena masalah privasi beberapa data tidak diberikan tetapi dia berharap contoh ini cukup bagi Anda untuk menulis kueri SQL yang berfungsi penuh untuk membantunya menjawab pertanyaannya!

Pak Tarno telah berbagi dengan Anda 3 kumpulan data utama untuk studi kasus ini:

  1. sales
  2. menu
  3. members

Anda sebagai seorang data analyst diberikan rancangan dari tabel di bawah ini. Ini adalah skema dari tarno_padang_asli

Struktur tabel dan datanya ada di bawah ini:

Tabel 1: Sales

Tabel 2: Menu
Tabel 3: Members
Exit mobile version